Apresiasi Trans7 "Laptop Si Unyil " 2010
Layanan COD atau pesan 3-25 hari kirim [ Situasional ]

Call /SMS / WA ke H. Solichin Toip +6281327018755 Pin BB
: D7E7B816

اللهم صل وسلم على سيدنا ومولنا محمد الذي أنزلت عليه.رب أنزلني منزلا مباركا وأنت خير المنزلين

3.26.2012

Rebana Warisan Sunan Kalijaga

Rebana Syrakal atau Jawa Klasik produk Suara Tunggal Bahana
     Konon, Genjring Syrakal atau Jawa klasik yang dirakit menggunakan tali penjalin ( gambar samping kiri ) atau kami menyebutnya Rebana Diba versi Bumiayu-Tegal ini adalah salah satu peninggalan karya seni Kanjeng Sunan Kalijaga yang
aslinya terdiri dari 5 buah sebagai perlambang rukun Islam yang berjumlah lima pula. Adapun komposisinya adalah sbb ;
  1. 1 Induk ( dua kalimat Syahadat )
  2. 1 Biang atau Bass 1 ( Shalat lima waktu )
  3. 1 Biang atau Bass 2 ( Zakat ) 
  4. 1 Kempling 1 ( Puasa bulan Ramadlan ), dan
  5. 1 buah Kempling 2 ( Haji ke baitullah_bagi yang mampu )
     Contoh gambar di atas adalah merupakan pesanan Stikes Bhamada Slawi, Tegal, Jawa Tengah yang [ hanya ]  menggunakan empat buah saja. Kemudian dikolaborasikan dengan Rebana Diba Super type SNS357/Perunggu yang juga berjumlah sama, sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 8 buah. Hal ini dipilih tentu bukan tanpa alasan. Kenapa tidak lima sekalian agar sempurna seperti rukun Islam, sehingga semuanya menjadi sembilan ?           
     Kempling yang seharusnya dua buah hanya mengambil satu. Karena dengan satu buah pun_dengan kemahiran penabuh, maka akan berbunyi dua suara, istilahnya diraple. Alasan lain, bagi yang tidak mampu membeli lima buah, bisa dianalogikan bahwa pembeli adalah orang yang belum mampu berhaji. 
     Tapi bukan berarti Stikes Bhamada Slawi tidak mampu berhaji, lho ? Hehe... Makasih yah, Stikes ? Semoga awet dan bermanfaat, amin...
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ahlan bikum...
Terima kasih Anda berkenan mengomentari produk dan artikel kami. Hanya komentar yang berhubungan dengan artikel atau isi situs ini yang kami publikasikan. KOMENTAR AKAN DIHAPUS jika mengandung iklan terselubung, spam, fitnah, permusuhan, sarkastisme, sara, rasis, link nudisme, bisnis penggandaan uang dan sejenisnya.
Salam ukhuwwah !