Tidak mau ribet beli alat musik? Silakan belanja online via Shopee

Senin, 26 Maret 2012

Srokal Jawa Rebana Klasik Warisan Sunan Kalijaga

Konon alat musik jenis Gending Jawa atau Terbang Jawa yang berjumlah lima buah adalah warisan Sunan Kalijaga, yang notabene menggambarkan Lima Rukun Islam. Antara lain yang pertama dan kedua adalah dua buah Bass atau Gong Jawa: yang melambangkan Syahadat dan Sholat lima waktu. Ketiga adalah Induk yang melambangkan Zakat. Ketiganya wajib ada. Nomor empat dan lima adalah dua buah Kempling yang melambangkan Puasa dan Haji.

 
Contoh gambar di atas merupakan pesanan Stikes Bhamada Slawi, Tegal, Jawa Tengah yang (hanya) menggunakan empat buah saja. Kolaborasinya adalah 4 Rebana Genjring type SNS357/Prg. Total jumlahnya adalah 8 buah. Hal ini dipilih tentu bukan tanpa alasan. Kenapa tidak lima sekalian agar sempurna seperti rukun Islam, sehingga semuanya menjadi sembilan seperti jumlah Walisongo?
 
Kempling yang seharusnya dua buah hanya mengambil satu. Karena dengan satu buah pun_dengan kemahiran pemain, maka akan berbunyi dua suara, istilahnya diraple. Alasan lain, bagi yang tidak mampu membeli lima buah, bisa dianalogikan bahwa pembeli adalah orang yang belum mampu berhaji. 
 
Tapi bukan berarti Stikes Bhamada Slawi tidak mampu berhaji, lho ? Hehe... Makasih yah, Stikes ? Semoga awet dan bermanfaat, amin...

Cek pilihan spek dan Harganya di sini,


0 komentar: