Tidak mau ribet beli alat musik? Silakan belanja online via Shopee

Senin, 04 Juni 2012

Rebana Qasidah Lasqi versi Andalas 1

     Rebana Qasidah versi Andalas1 adalah istilah yang kami sematkan untuk membedakan Rebana Qasidah versi lainnya yang ada di daerah Sumatra. Versi ini kebanyakan berada di daerah Lampung dan Palembang. Meski perbedaan yang ada dengan provinsi
lainnya hanya dalam bentuk jumlah saja. Sementara untuk komposisi tidak akan jauh dari Bass, Selo, Alto, Sopran dan Kecrek [ Tamrien/ Markis ].
     Perbedaan yang terjadi lebih banyak dipengaruhi oleh pelatih dan keumuman di daerah tersebut daripada keinginan anggautanya. Sehingga untuk daerah lainnya seperti Medan atau Riau pun tidak akan selalu menggunakan versi yang lainnya [ Baca : Rebana Qasidah Andalas2 ]. Tidak sedikit dari group Qasidah di dua daerah ini yang juga menggunakan versi yang sama.
     Gambar di atas merupakan contoh alat qasidah lasqi yang dipesan oleh sebuah pesantren tradisional di pedalaman Lampung. Komposisinya adalah terdiri dari 3 Bass dengan berbagai ukuran, 1 Selo, 1 Alto, 3 Sopran dan 2 buah Tamrien atau Markis.
     Untuk spesifikasi lengkap dan daftar harganya silakan ikhwan kunjungi langsung pada tautan Rebana Qasidah versi Andalas1 ini,

0 komentar: