Apresiasi Trans7 "Laptop Si Unyil " 2010
Layanan COD atau pesan 3-25 hari kirim [ Situasional ]

Call /SMS / WA ke H. Solichin Toip +6281327018755 Pin BB
: D7E7B816

اللهم صل وسلم على سيدنا ومولنا محمد الذي أنزلت عليه.رب أنزلني منزلا مباركا وأنت خير المنزلين

2.22.2017

Masih Kangen dengan Genjring Diba Daerah Cilacap ?


diba cilacap
     Rebana atau Genjring Diba versi Cilacap biasa disebut juga dengan istilah Rebana Shalawat, salah satu jenis aliran musik Islami yang sempat populer di sebagian besar wilayah Cilacap dan Jatilawang, Banyumas, pada tahun 1990-an. Instrumen musiknya biasa
dipukul dengan iringan puisi atau syair kitab Maulid al-Barjanzi dan ad-Diba'i. Namun, sayangnya, kini alat musik rebananya yang di daerah Pasar Ikan Jakarta dulu disebut dengan 'Rebana Besar' sudah berganti dengan instrumen rebana yang lebih kecil yaitu Rebana Hadrah. Komposisinya sudah berbeda meski rumus serta kitab yang digunakan sebagai syair pengiringnya tetap dipertahankan.
     Adapun untuk komposisi Rebana Diba versi Banyumas sendiri terdiri dari 5 rebana besar ( Diba ) berdiameter 34-37 cm x 7-8 cm, 1 Tamrien/ Markis dan 1 buah Bedug atau Jidur dari bahan triplek.
     Lalu benarkah Rebana atau Genjring Diba versi Cilacap telah punah? Jawabannnya adalah TIDAK. Karena alhamdulillah, meski sudah tidak populer lagi, salah satu cabang musik ini tetap ada yang menggunakannya. Di antaranya adalah para perantau dari daerah Cilacap yang menyebrang ke luar Jawa seperti di daerah Sumatra. Mereka tetap kangen dengan 'tepakan santai' rumusnya.
     Adapun untuk pilihan harga lengkapnya bisa dilihat pada tautan Rebana-Genjring Diba versi Cilacap ini,

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ahlan bikum...
Terima kasih Anda berkenan mengomentari produk dan artikel kami. Hanya komentar yang berhubungan dengan artikel atau isi situs ini yang kami publikasikan. KOMENTAR AKAN DIHAPUS jika mengandung iklan terselubung, spam, fitnah, permusuhan, sarkastisme, sara, rasis, link nudisme, bisnis penggandaan uang dan sejenisnya.
Salam ukhuwwah !