Layanan COD atau pesan 3-25 hari kirim [ Situasional ]
Call /SMS / WA ke H. Solichin Toip +6281327018755 Pin BB
: D7E7B816

اللهم صل وسلم على سيدنا ومولنا محمد الذي أنزلت عليه.رب أنزلني منزلا مباركا وأنت خير المنزلين

1.24.2014

Jenis-jenis Alat Musik Bagian I

    Dunia akan sepi tanpa musik, begitu kira-kira kata pendangdut Rhoma Irama dalam salah satu lagunya. Musik bahkan bisa membangkitkan gairah baru dalam beraktifitas. Genderang musik yang dipukul juga bisa mensupport sebuah kesebelasan
sepakbola lebih bersemangat lagi dalam menjebol gawang lawan. 
     Dalam sebuah acara seremonial rasanya akan monoton dan membosankan jika tidak diselingi juga dengan alunan musik. Begitu pun halnya dengan media televisi yang notabene menayangkan berita, maka tetap saja alunan musik akan dimainkan di sela-sela acaranya. Dalam sebuah riwayat, datangnya kiamat atau kehancuran alam semesta kelak pun akan diawali dengan tiupan sangkakala atau terompet oleh malaikat Israfil 'Alaihissalam. Wallahu a'lam bish-shawab.

Kategori Instrumen Musik  
     Ikhwan di mana pun berada, kali ini admin akan memposting tiga bagian alat musik yang mungkin sebagian sudah akrab dengan kita. Kategori di bawah dipilih berdasar pada asal suara atau sumber bunyinya, cara memainkan serta fungsinya.
     Baiklah, mari kita perhatikan untuk kategori pertama alat musik berdasar pada sumber bunyinya ;
  1. Membranophone, yaitu jenis alat musik yang bunyinya keluar dari sumber selaput atau bahan yang digunakannya. Contohnya Rebana, jika dipukul maka akan keluar bunyi yang berasal dari kulit sebagai media tepakannya. Maka jika media pukul rebana berasal dari plastik atau mika, otomatis bunyinya pun akan berbeda, identik dengan bahan aslinya. Contohnya seperti Snare Drum dan sejenisnya. Contoh lainnya antara lain Gendang, Tifa, Marawis, dan lain-lain.
  2. Idiophone, yaitu bunyian yang bersumber langsung dari alat musik yang terbuat dari batangan logam atau kayu dengan cara dipukul. Termasuk pada golongan ini antara lain ; Angklung, Calung, Kentongan, Kulintang, Bellyra, alat Gamelan ( Gong, Bonang, Sharon, dll. ), dan lain sebagainya.
  3. Elektrophone, yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari suplay tenaga listrik. Suara yang ditimbulkan seperti suara tiruan dari alat musik aslinya. Contoh beberapa grup musik Islami yang mengiringi lagu shalawat namun menggunakan Keyboard untuk menirukan bunyi Rebana. Instrumen musik selain keyboard antara lain Gitar Listrik atau kita mengenal dengan bahasa lain Gitar Elektrik. Kemudian Piano Elektrik, Bass Elektrik, bahkan Rebana Eleketrik jika ada.
  4. Aerophone, yaitu instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara karena ditiup atau dipompa. Contohnya antara lain Harmonika, Pianika, Seruling, Terompet, Akordion, Saksophone, dan sejenisnya.
  5. Chordophone, yaitu bunyian alat musik yang bersumber dari petik, gesek atau tekanan pada dawainya. Termasuk pada golongan ini antara lain : Guitar, Kentrung ( Ukulele ), Harpa, Mandolin, Biola, Rebab, Piano Akustik, dan lain-lain.
Bersambung ke Jenis Alat Musik Bag. 2,
Sumber Wikipedia dengan penambahan keterangan
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ahlan bikum...
Terima kasih Anda berkenan mengomentari produk dan artikel kami. Hanya komentar yang berhubungan dengan artikel atau isi situs ini yang kami publikasikan. KOMENTAR AKAN DIHAPUS jika mengandung iklan terselubung, spam, fitnah, permusuhan, sarkastisme, sara, rasis, link nudisme, bisnis penggandaan uang dan sejenisnya.
Salam ukhuwwah !