Apresiasi Trans7 dan RCTV Cirebon 2010
COD & Online 1-25 hari kirim ( Situasional )

Tidak mau ribet beli alat musik? Silakan online dan pre order via Shopee


Tidak mau ribet beli alat musik? Silakan belanja online via Shopee

Senin, 30 April 2012

Rebana Qasidah Lasqi Versi Jakarta

@ Suara Tunggal Bahana
    Ada banyak istilah atau sebutan untuk rebana Qasidah Lasqi tiap-tiap daerah di Indonesia. Ada yang menamakan rebana Rumbai, karena alat musik ini identik dengan rumbai sebagai hiasan di kepala bodinya. Ada juga Samrah_yang sebetulnya agak keliru, karena rebana Samrah untuk jumlah alat dan modelnya saja sebetulnya sudah berbeda. 
     Rebana Samrah di daerah Bumiayu terdiri dari 2  Bas, 1 Selo, 3
Sopran ( polos tanpa kricik ), 1 Gendang Dangdut ( Pralon atau kayu Lapis ), 1 Tamrien/ Markis dan 1 buah Tambourin. Sedangkan rebana Qasidah yang sedang populer sekarang adalah versi Lasqi ( Lembaga Seni Qasidah Indonesia ) yang berjumlah 9 buah dan terdiri dari 2 Bas, 1 Selo, 1 Chuck, 3 Sopran kricik, dan 2 Tamrien/ Markis.
     Dari segi alat atau personel Rebana Qasidah Lasqi pun untuk tiap daerah berbeda-beda jumlahnya. Untuk Jakarta misalnya, kebanyakan yang memesan ke rumah industri Suara Tunggal Bahana adalah seperti yang kami sebutkan di atas. Namun akan berbeda lagi dengan versi Medan, Sumatra, Borneo-Kalimantan, Sulawesi, Ciamis, Jawa Barat, Tegal, Bumiayu, Banyumas dan mungkin daerah-daerah lainnya. Ada yang hanya berjumlah 8, 10, 11, bahkan 12 buah per set
     Daerah-daerah yang serupa dengan versi Jakarta antara lain Pekan Baru, beberapa grup di Bumiayu, Tegal dan sebagian Kalimantan. Anda tertarik ? Silakan pesan atau silakan lihat-lihat dulu daftar harganya.
Baca juga label di bawah…..

0 komentar: