Layanan COD atau pesan 3-25 hari kirim [ Situasional ]
Call /SMS / WA ke H. Solichin Toip +6281327018755 Pin BB
: D7E7B816

اللهم صل وسلم على سيدنا ومولنا محمد الذي أنزلت عليه.رب أنزلني منزلا مباركا وأنت خير المنزلين

9.07.2014

Jurus Barakah Kyai Bagian XII

Rebana Hadrah versi Habib Syech Super isi 14 harga mahal merek Solichin Toip
     Suatu ketika ada pertanyaan via handphone, dari seorang calon pelanggan dari Purbalingga, " Kenapa pesan alat musik ke njenengan harus transfer depe dulu, Mas ? ".
     Saya jawab, " Itu sebagai tanda jadi alias orang Jawa bilang peneteg, Mas. "
     Dalam dunia bisnis on line pedagang atau penjual tidak mungkin akan membuat sebuah produk baru dengan spesifikasi tertentu, sesuai yang dipesan oleh pelanggan, tanpa ada DP [ Down Paymen ] terlebih dahulu. Karena 'aturan' tersebut dibuat untuk menjaga kemungkinan kalau tiba-tiba saja pemesan membatalkan pesanannya tersebut. Terkecuali, seperti yang kami lakukan selama ini, produksi alat musik tertentu dengan spek-spek ala kami sebagai persiapan stock ready
     Kami acapkali harus menerangkan jawaban yang sama kepada calon pelanggan yang belum memahami aturan yang kami buat, dan sebetulnya itu juga berlaku untuk bisnis on line lainnya. Bahwa pemesan merasa khawatir barang yang dipesan tidak akan dikirim alias ditipu, kami maklumi. Bagaimana pun dia belum mengenal kami secara nyata. Meski prosentase mereka lebih kecil dibanding pelanggan baru yang menghubungi kami dan dengan penuh kepercayaan langsung mengirimkan dp. Bahkan ada yang langsung membayar lunas, padahal barang pesanan belum dibuatkan.

Profil Lengkap Syarat Bisnis On-line Suara Tunggal Bahana
     Beberapa kejadian lain kami bagi kepada calon pelanggan lain sebagai bahan pertimbangan sebelum merasa yakin akan memesan salah satu alat musik pada kami. Yaitu tentang kekhawatiran seorang pelanggan baru dari sebuah pesantren [ ? ] di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Mungkin beliau hanya bermaksud mempertegas komitmen dan memperkokoh keyakinannya saja. 
     Maka kami dengan santai menerangkan dan meyakinkannya. Bahwa, situs kami www.solichin-toip.com ini dengan ratusan artikel dan info postingnya serta terbiasa dikunjungi rata-rata 50 pengunjung setiap hari, semua nomer hp kami cantumkan, ada pin BB, WA atau WhatsApp Simpati, alamat facebook, bahkan alamat rumah kami pun tertulis lengkap. Nah, dengan profil yang sedemikian lengkap maka tidak mungkin kami akan mengorbankannya untuk uang yang jumlahnya, maaf, tidak seberapa dibanding 'kekayaan' kami tersebut.
     Alhamdulillah beliau, tanpa menunggu waktu lama kemudian langsung memesannya dengan mengirimkan uang muka. Kurang lebih setengah bulan kemudian membayarnya penuh satu hari sebelum barang kami kirim. [ Teman-teman terdekat di daerah ini bisa mengeceknya di desa Sukadami, Wanayasa, Purwakarta atas nama ustadz Aly Alhasani dengan pesanan berupa Rebana Hadrah versi Habib Syech Super isi 14 item. ↺Cek produknya pada nomer 2 ].

Ganti Barang dan Ongkos Kirim
     Ada lagi beberapa pelanggan dari luar Jawa yang meminta jaminan bahwa barang yang mereka pesan benar-benar akan dikirim. Terkhusus wilayah Sumatra yang terjangkau bus reguler, maka kami akan memberikan nomer pintu dan seri bus serta nomer handphone sopirnya. Sementara daerah lainnya yang menggunakan jasa Tiki atau PT Pos Indonesia, maka kami akan memberikan nomer kiriman atau resi yang dapat digunakan untuk mengecek kebenaran barang tersebut. Akan lebih meyakinkan lagi jika pelanggan mempunyai pin BB atau WA agar kami selalu update situasi barang hingga terbawa jasa paket. Atau setidaknya ada akun facebook untuk berbagi foto pesanan ke dinding kronologinya.
     Lantas bagaimana jika barang yang dikirim itu hilang atau rusak ketika sampai di tangan ? Alhamdulillah untuk yang pertama kami tidak pernah mengalaminya [ Semoga untuk selanjutnya juga tidak ada kejadian tersebut ]. Namun jika itu pun terjadi maka isya Allah pasti kami akan menggantinya setelah terlebih dahulu menelusuri keberadaan barang tersebut, bahwa kiriman itu benar-benar telah hilang. 
     Untuk kekhawatiran pelanggan yang kedua jika terjadi kerusakan barang, maka kami akan meminta pelanggan untuk mengembalikan barang yang rusak dengan penggantian ongkos kirim penuh dari kami. Untuk selanjutnya kami akan mengirimkan kembali barang yang baru, atau minimal merevarasi barang tersebut jika kerusakannya tidak fatal. Hal ini pernah terjadi pada pelanggan baru kami di daerah Kalimantan.
     Bahkan kejadian salah warna pun pernah terjadi pada seorang ibu di daerah Duri, Riau. Yaitu satu set pesanan alat Marawis super warna biru polos yang minta diganti warna biru batik. Meski kesalahan terjadi karena misunderstandingnya pelanggan pada keterangan kami sebelumnya, namun kami tetap menggantinya penuh. Alhamdulillah dia tidak kapok dan sampai sekarang masih berlangganan produk kami.
     Dalam berbisnis kami punya jargon tersendiri, bahwa mencari pelanggan itu susah namun akan lebih susah lagi untuk menjaganya, agar tidak beralih ke produsen lain. Satu pelanggan saja kecewa maka artinya kita sedang menumpuk kekecewaan pada puluhan calon pelanggan lainnya. Dan satu orang saja telah berpuas diri pada layanan kita, maka artinya kita tengah menanam saham, calon pangsa pasar yang lebih besar di kemudian hari.
     Bagaimana dengan Anda ?

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ahlan bikum...
Terima kasih Anda berkenan mengomentari produk dan artikel kami. Hanya komentar yang berhubungan dengan artikel atau isi situs ini yang kami publikasikan. KOMENTAR AKAN DIHAPUS jika mengandung iklan terselubung, spam, fitnah, permusuhan, sarkastisme, sara, rasis, link nudisme, bisnis penggandaan uang dan sejenisnya.
Salam ukhuwwah !