Layanan COD atau pesan 3-25 hari kirim [ Situasional ]
Call /SMS / WA ke H. Solichin Toip +6281327018755 Pin BB
: D7E7B816

اللهم صل وسلم على سيدنا ومولنا محمد الذي أنزلت عليه.رب أنزلني منزلا مباركا وأنت خير المنزلين

5.06.2013

Jurus Barakah Kyai Bagian VIII

Bukan tumpukan harta benda, namun hanya amal yang akan dibawa untuk menghadap Sang Maha Kaya.     Segala puji adalah milik Allah SWT. Maka hanya kepada-Nyalah harusnya kita memuji. Allah adalah Tuhan semesta alam. Dia Sang Pencipta dan Pemilik seluruh kerajaan langit dan bumi. Dan tidak ada kejadian apa pun yang menimpa makhluk-Nya di 'kerajaann-Nya' kecuali telah tercatat di Laukhil-makhfudz oleh-Nya. 
     Tidak seperti makhluk-Nya, janji Allah
bukanlah sebuah dusta namun bukti [nyata]. Baik janji kesenangan [ Surga ] maupun kesedihan [ Neraka ], di dunia maupun akhirat kelak. Maka, barangsiapa yang bersyukur atas semua nikmat yang Dia berikan, sungguh Dia akan terus menambahnya [ Al-Quran ].
     Oleh karena itu barang siapa yang bersimpuh, memasrahan semua kesulitannya [ dengan tanpa melupakan ikhtiar ] hanya kepada-Nya, maka Allah mendengar dan memberikannya jalan keluar. Dengan mengikhlaskan ujian atau cobaan yang Allah berikan, maka insya Allah Dia juga akan menggantinya dengan jalan yang tidak disangka-sangka [ min khaitsu laa yakhtasib ].

Ikhlas dan Bersyukur Melihat Kesuksesan Orang Lain 
     " Semakin engkau ikhlas terhadap ujianmu, maka semakin cepat Allah menggantinya dengan janji [ kesenangan ] lain yang lebih baik..." demikian guru kami bernasihat, ketika Desember 2011 yang lalu transaksi bisnis besar kami yang sudah disepakati tiba-tiba ditelikung oleh orang lain. Dia membanting harga hingga berkurang 47 % dari harga yang telah kami sepakati dengan perusahaan rekanan !
     Seperti halnya politik praktis yang cenderung 'kejam', demikian halnya dengan bisnis. Namun sebagai orang timur dan kebetulan juga seorang muslim, hendaknya tetap mengedepankan mu'amalahnya [ perdagangan ] yang sesuai syar'i. Rasulullah SAW adalah teladan, contoh pedagang yang patut menjadi kiblat umatnya.
     Ibarat sepasang calon pengantin yang sudah punya kesepakatan akan menikah, maka pihak lain tidak dibolehkan melamar salah satunya. Karena itu sama saja memutus kasih sayang yang sedang dirajut dua keluarga tersebut.

Mengalah adalah Bukan Keputusan Memalukan
     Apakah harga yang kami tawarkan dan telah disepakati bersama terlalu mahal, sehingga kemudian orang lain begitu mudahnya menyingkirkan kami ? [ Baca : Rebana Merek Solichin Toip Mahal ? ]. Jawabannnya adalah sama sekali tidak. Karena sesuai contoh beberapa kualitas barang yang kami tawarkan dan disepakati bersama, jenis barang yang mereka pilih dan disepakati adalah khusus kualitas high end [ esklusif ]. Sementara dia  menawarkan barang kualitas Koden [ murahan ] dengan asumsi akan ada 'penghematan tak terduga' sebesar 47 % kali sekian unit dibanding harga kami !
     Kami akhirnya memilih mundur teratur, membatalkan semuanya. Meski untuk kelas terendah itu kami tetap ditawarkan ikut menggarap dan tetap mendapatkan keuntungan. Namun kami tidak ingin 'melukai hati siapapun'. Terutama penerima alat musik tersebut yang notabene adalah sekolah dan pesantren-pesantren Islam. Juga tidak ingin imej kami sebagai pengrajin rebana berkualitas terbaik hancur gara-gara melayani kualitas abal-abal tersebut, meski itu partai besar. [Baca : Merek Solichin Toip Dipalsu, Red.]
     Demikian merupakan pengalaman pahit namun kami telah menganggapnya indah, membawa hikmah dan insya Allah tetap berkah. Setidaknya kami tetap bisa belajar bersyukur dan menerima dengan ikhlas ujian Allah tersebut. Dan akhirnya kami juga bisa mengetahui, bahwa Allah telah 'membongkar' begitu luas dan jelas tentang 'pergaulan dan sepak terjang' bisnis orang tersebut.

Janji Allah adalah Nyata
     Allah memang tidak pernah bohong. Firman-Nya dalam al-Quran adalah kepastian. Alhamdulillah Dia kemudian menggantinya dengan jalan lain yang sama sekali tidak disangka. Kami bisa menerima order dalam satu bulan sampai 45-an pelanggan langsung [ bukan toko ] dengan maksimal 25-an orang yang dapat kami layani pada bulan itu ! [ Beberapa order dari toko musik di Jakarta dan daerah lainnya terpaksa kami kurangi kuantitasnya demi melayani pelanggan atau grup-grup yang memesan langsung ke kami ]. 
     Dan 'keberkahan' itu terus berlangsung hingga sekarang. Ini belum pernah terjadi sebelum ada kejadian tersebut. Subhaanallah...
   
     Bersambung ke Jurus Barakah Kyai Bagian IX
Atau baca kembali;
Jurus Barakah Kyai Bag. I
Jurus Barakah Kyai Bag. II
Jurus Barakah Kyai Bag. III
Jurus Barakah Kyai Bag. IV
Jurus Barakah Kyai Bag. V
Jurus Barakah Kyai Bag. VI
Jurus Barakah Kyai Bag. VII
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ahlan bikum...
Terima kasih Anda berkenan mengomentari produk dan artikel kami. Hanya komentar yang berhubungan dengan artikel atau isi situs ini yang kami publikasikan. KOMENTAR AKAN DIHAPUS jika mengandung iklan terselubung, spam, fitnah, permusuhan, sarkastisme, sara, rasis, link nudisme, bisnis penggandaan uang dan sejenisnya.
Salam ukhuwwah !